Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Menjadi Pendengar Yang Baik

 tips menjadi pendengar yang baik

Menjadi Pendengar Yang Baik

Menjadi pendengar yang baik adalah keterampilan penting dalam komunikasi yang sering kali diabaikan. Dalam dunia yang penuh distraksi dan kebisingan saat ini, mampu memberikan perhatian penuh kepada lawan bicara kita menjadi suatu keunggulan yang sangat berharga.

Ketika kita benar-benar memfokuskan perhatian kita pada orang lain, kita memberikan ruang bagi mereka untuk berbicara, berbagi pikiran, perasaan, dan pengalaman mereka. Pendengar yang baik mengakui bahwa mendengarkan bukan hanya tentang mendapatkan informasi, tetapi juga tentang membangun hubungan, memperkuat empati, dan menghormati perspektif orang lain.

Daftar Isi

Dalam postingan kali ini, kita akan menjelajahi pentingnya menjadi pendengar yang baik dan memberikan beberapa tips untuk mengembangkan keterampilan ini yang dapat meningkatkan kualitas komunikasi kita secara keseluruhan.

Dilansir dari work.ua kiat-kiat berikut akan sangat berguna bagi siapa saja yang memahami pentingnya mendengarkan lawan bicara dan ingin menjadi pendengar yang populer sendiri. Bagaimana menjadi orang yang suka berbicara dengan orang lain ?

Work.ua menerbitkan penelitian yang dilakukan bertahun-tahun oleh jurnalis Eric Barker. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jangan Mencoba Untuk Membuat Orang Lain Terkesan Dengan Sengaja

Terkesan Dengan Sengaja

Ya, kita semua mendambakan rasa hormat. Dan ini adalah tips menjadi pendengar yang pertama. Karena banyak hal yang dapat menyebabkan kesalah pahaman. Tunjukkan dari awal bahwa Anda juga mudah untuk merasakan sesuatu, jujurlah tentang siapa diri Anda, bagaimana Anda berpikir dan merasakan sesuatu hal.

Ini akan menciptakan lingkungan di mana keterbukaan Anda akan membantu Anda terhubung secara instan.

2. Berikan Lawan Bicara Untuk Berbicara Tentang Diri Mereka Sendiri

Jangan menilai orang ketika mereka terbuka kepada Anda. Tidak ada yang menyukai ini, termasuk Anda. Dorong orang lain untuk menceritakan kisah mereka sendiri sambil mengabaikan keinginan Anda sendiri untuk menceritakan sesuatu yang menarik.

Orang-orang yang membiarkan orang lain berbicara lebih banyak, menyerahkan giliran mereka, biasanya dianggap sebagai pembicara yang baik. Merekalah yang menjadi tujuan orang lain ketika mereka ingin didengar tanpa menghakimi. Dan merekalah yang dengan cepat dan berhasil membangun kontak yang andal. 

3. Dengarkan Dan Pahami

Pahami

Diam dan mengangguk saja tidak cukup. Negosiator penyanderaan FBI menggunakan sejumlah teknik untuk menunjukkan kepada penyandera bahwa mereka benar-benar mendengarkan. Berikut adalah yang paling umum:

Lakukan refleksi. Ulangi 1-3 kata terakhir lawan bicara dalam bentuk pertanyaan. Memberi istilah pada perasaan orang lain. Jika anda mengulangi inti dari apa yang kita sedang diskusikan dan lawan bicara kita mengatakan, “Tepat! Atau Benar” maka Anda telah melakukan hal yang luar biasa. Anda sudah bisa memahami inti dari pembicaraan tersebut

4. Tekankan Kesamaan

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kita menyukai orang yang seperti kita. Dengan segala cara yang mungkin, dari latar belakang hingga pilihan kata, penekanan pada kesamaan memperkuat hubungan sosial. Ketika sorang penjual mengulangi bahasa tubuh pendengarnya, penjualan meningkat sebesar 20%.

5. Pertanyaan Memberi Kekuatan

Dalam percakapan, lebih baik mengajukan pertanyaan terbuka. Tidak “ya/tidak” dan umumnya pertanyaan yang dapat dijawab dengan satu atau dua kata. Pertanyaan terbuka membutuhkan lebih banyak kata dan pemikiran.

Apa pertanyaan yang harus selalu Anda ingat? Kami semua menyukai tantangan dan kesulitan, kami senang membicarakannya. Anda harus bertanya tentang mereka. Setiap orang memiliki kesulitan dan tantangan. Dorong orang untuk membagikan prioritas mereka dalam hidup saat ini. Tips menjadi pendengar yang baik selanjutnya.

6. Berpergian

Bepergian adalah subjek favorit banyak orang, semua orang akan dapat menceritakan sesuatu tentangnya. Dan Anda dapat menginspirasi orang dengan perasaan menyenangkan dengan pujian yang tulus.

Menjadi pendengar yang baik. Tapi apa yang memancing diskusi yang lebih dalam? Guru dalam hal ini merekomendasikan untuk meminta nasihat - ini adalah cara yang ampuh untuk membangkitkan perasaan hangat pada orang lain untuk Anda.

7. Membangkitkan Emosi

Banyak orang berpikir bahwa percakapan hanyalah pertukaran informasi. Dan mereka kehilangan hal yang paling penting yaitu perasaan akan emosi. Bicaralah dengan sangat antusias, dan kemudian setiap percakapan akan diingat. Tips menjadi pendengar yang baik yang terakhir adalah.

8. Hal Yang Paling Penting

Aturan utama yang secara dramatis akan meningkatkan kemungkinan menjadi lawan bicara yang sukses adalah bahwa yang utama bukanlah Anda, tetapi mereka. Satu-satunya tujuan yang perlu diingat adalah bahwa setelah setiap percakapan, lawan bicara Anda merasa lebih baik setelah berbicara dengan Anda.

Itulah beberapa tips untuk menjadi pendengar yang baik. silahkan dipraktekkan. Terimakasih telah membaca artikel ini. 

Posting Komentar untuk "8 Tips Menjadi Pendengar Yang Baik"